Pemrograman Menggunakan PHP

ImageJasa pembuatan website – PHP merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunakan di dunia website. PHP dalam praktek penggunaannya biasa diintegrasikan dengan bahasa HTML. Dalam hal ini PHP sering disisipkan dalam program HTML.

Secara umum struktur HTML

<html>

<head>

<title>Judul yang akan terlihat pada title bar di browser kita </title>

</head>

<body>

….. (tempat menyisipkan kode PHP)

</body>

</html>

 

Sebagai contoh misalkan kita menyisipkan bahasa PHP yang sederhana,

<html>

<head>

<title> Menyisipkan PHP ke dalam HTML </title>

</head>

<body>

<?php

echo “Ini adalah sisipan dalam bahasa php yang sederhana”;

?>

</body>

</html>

<html>

Bahasa php yang disisipkan pada contoh di atas adalah

<?php

echo “Ini adalah sisipan dalam bahasa php yang sederhana”;

?>

Untuk selanjutnya, serumit apa sisipan php dalam HTML tersebut akan sangat tergantung dari kemampuan kita dalam menggunakan bahasa php.

Php ini banyak digunakan dalam pengembangan website diantaranya karena bahasa ini sangat mudah kita temukan referensinya, yaitu referensi dari skrip-skrip yang ada di internet. Hal ini karena sudah banyak orang yang mengembangkannya untuk membuat berbagai aplikasi. Hasil pengembangan tersebut banyak yang dishare secara bebas atau gratis di website-website masing-masing. Dengan banyaknya referensi ini, maka kita akan dapat dengan mudah menemukan sebuah aplikasi yang mirip-mirip dengan yang kita cari. Untuk selanjutnya kita tinggal sedikit memodofokasi skrip tersebut, setelah kita modifikasi, maka kita akan dapat membuat skrip baru yang menghasilkan aplikasi yang sesuai dengan yang kita inginkan.

Jika kita telah mahir berkenalan dengan berbagai contoh, kemudian juga terbiasa memodifikasinya, maka dengan sendirinya kita sudah akan familiar dengan bahasa php. Ketika kita sudah familiar dengan bahasa php, maka rasanya kita sudah akan memahami logika php ini. Dengan demikian kita bisa menindaklanjutinya dengan membuat skrip-skrip sendiri, yang sama sekali baru. Atau barang kali kita akan membuat aplikasi-aplikasi yang baru yang kita butuhkan.

Memang benar bahwa belajar pemrograman yang paling cepat dan mudah adalah melalui contoh. Dengan melalui contoh kita kemudian terbiasa dengan logika yang digunakan dalam bahasa tersebut. Hal ini juga berlaku untuk php, paling mudah adalah belajar dari contoh. Oleh karena itu ketika kita ingin belajar, maka kita dapat mencari berbagai contoh di internet. Setelah kita menemukan, maka kita mencoba mengaplikasikannya sambil kita memahami logika yang dipakai dalam contoh skrip tersebut.

Ketika kita akan belajar cara menampilkan teks di layar dengan bahasa php, maka kita cari saja contoh skrip menampilkan tulisan di layar dalam bahasa php, kemudian kita akan menemukan banyak sekali halaman web yang memberikan contoh masalah itu. Setelah itu kita lihat salah satu web lalu kita coba untuk menjalankan skrip tersebut. Ketika kita ingin belajar tentang skrip yang melibatkan variabel, maka kita bisa mencari artikel di web yang membahas skrip pada php yang melibatkan variabel, kemudian kita buka salah satu halaman, lalu kita ikuti contoh yang ada di sana. Demikian juga pada saat kita ingin mencari contoh tentang perulangan atau lebih dikenal dengan istilah looping, maka kita cari saja contoh tersebut dalam bahasa php, dan kita cari di internet, kemudian contoh tersebut kita aplikasikan. Dalam waktu sekejap kita akan dapat memahami logika looping pada php. Hal yang sama dapat kita lakukan ketika hendak mempelajarai logika if atau masalah array yang cukup rumit. Hal tersebut akan menjadi lebih sederhana dengn melalui contoh yang sudah ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s