Alat Pemadam Api

Alat pemadam apiAlat pemadam api – Kita sering mendengar berita tentang kebakaran yang menghanguskan suatu rumah dan atau bahkan suatu kompleks perkantoran. Kekuatan api untuk merusak memang tergolong sangat hebat dan cepat. Dalam sebuah kompleks pertokoan kebakaran pada suatu rumah kontrakan (ruko) seringkali dengan cepat merambat ke ruko yang lain. Kerugian yang ditimbulkan pun bisa bervariasi mulai dari jutaan hingga ratusan miliaran rupiah.

Salah satu penyebab yang sering mengakibatkan kebakaran adalah konslet pada listrik. Konslet ini sebenarnya adalah terjadinya hubungan singkat arus listrik. Arus positif dan arus negatif yang seharusnya bertemu pada suatu alat tertentu ternyata bertemu pada sebuah kabel sebelum masuk alat elektronik tersebut. Hal ini akan menimbulkan arus yang sangat besar dan mengakibatkan kabel dapat membara dan kemudian menyala. Nyala kabel ini ketika mengenai bahan yang mudah terbakar akan memicu timbulnya api. Ketika api ini tidak diketahui oleh orang, kemudian terus merembet, maka terjadilah kebakaran. Ketidaktahuan ini bisa jadi karena rumah sedang ditinggalkan penghuninya, atau sedang ditinggal tidur atau karena hal lain. Sebenarnya kalau api itu dapat diketahui sejak dini, maka kebakaran dapat dicegah dengan lebih mudah. Terlebih kalau kita tahu penggunaan secara spesifik bahan-bahan pemadam kebakaran.

Hal yang menjadi penyebab kebakaran karena sebab konslet listrik ini adalah instalasi listrik yang acak-acakan atau semerawut. Seringkali penghuni suatu tempat tinggal menambah sendiri berbagai sambungan listrik ke alat-alat rumah tangga mereka. Dan sambungan ini cenderung tidak rapi, tidak sesuai konsep intalasi kelistrikan, kabelnya banyak yang tumpang tindih, sehingga kalau lecet sedikit saja dapat menimbulkan hubungan pendek arus listrik.

Sesuatu yang kelihatannya sangat sepele yaitu korek api yang dibuang ke tempat sampah juga sering menyebabkan timbulnya kebakaran ini. Ketika korek api akan dibuang ke tempat sampah semestinya dipastikan bahwa apinya sudah padam, termasuk bara apinya harus sudah sepenuhnya mati. Ketika masih ada baranya apalagi jika masih menyala, lalu bertemu dengan bahan yang mudah terbakar, maka api ini akan membakar benda lain tersebut. Terbakarnya benda lain di tempat sampah ini dapat menimbulkan api yang lebih besar yang berpotensi merambat ke mana-mana. Ketika api itu betul-betul merambat, maka kebakaran akan terjadi.

Orang sering meninggalkan kompornya keluar rumah dalam keadaan menyala atau hidup. Mungkin awalnya hanya ingin keluar sebentar, untuk kemudian kembali lagi ke rumah. Akan tetapi sering juga terjadi ketika meninggalkan rumah tersebut kita lupa bahwa sedang meninggalkan sebuah kompor yang hidup. Karena lupa itu kemudian setelah lama keluar dari rumah kita baru kembali lagi pulang. Kalau kompor itu normal-normal saja, maka tidak akan terjadi apa-apa. Paling-paling bahan bakarnya habis. Akan tetapi kalau misalnya kompor tersebut terus menyala, kemudian apinya merembet kebenda yang lain, lalu kita tidak mengetahuinya, maka hal tersebut akan dapat memicu kebakaran.

Penyebab lain dari kebakaran adalah membuang puntung rokok yang masih menyala ketempat sembarangan. Kalau kita membuangnya pada suatu tempat yang tidak terdapat bahan yang mudah terbakar tentu saja hal itu tidak akan menimbulkan masalah apa-apa. Akan tetapi kalau bara puntung rokok tersebut menyentuh benda yang mudah terbakar, maka api dari puntung rokok tersebut akan membesar. Ketika api yang membesar itu menyambar benda lain lagi, maka api akan terus membesar lagi, dan pada akhirnya kebakaran yang besar yang sulit dikendalikan dapat terjadi. Oleh karena itu sebelum membuang puntung rokok kita harus memastikan nyalanya atau baranya sudah padam.

Kebakaran memang sering kali disebabkan oleh hal-hal kecil. Oleh karena itu sebaiknya kita berhati-hati dan selalu mengantisipasi berbagai penyebab tersebut. Dengan berhati-hati, maka kita akan memiliki peluang aman dari kebakaran yang lebih besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s