Seragam Drumband

Image

Seragam drumband – Pada sebuah pertunjukan drumband, kita akan melihat masing-masing kelompok akan memiliki tugas yang berbeda-beda. Secara garis besar dalam sebuah drumband ada mayoret dan ada juga pasukan. Mayoret bisa satu atau 2 orang.

Masing-masing komponen atau bagian tersebut ketika dilakukan pada kegiatan ekstra kurikuler, maka akan dapat menjadi tempat untuk aktualisasi diri. Mayoret umumnya menjadi perhatian utama dalam sebuah pertunjukan drumband. Dengan demikian seorang mayoret harus mampu menampilkan atraksi-atraksi yang menarik. Dia juga haru s memiliki kemampuan fisik yang lebih prima dibanding anggota drumband yang lain. Kelenturan tubuh dari seorang mayoret juga harus bagus. Dengan berbagai kemampuan tersebut, maka diharapkan pertunjukan menarik yang  menjadi keharusan dari seorang mayoret dapat ditampilkan.

Mayoret juga harus memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus. Dia harus mampu memimpin anggota-anggota drumband yang lain. Seorang mayoret adalah pemimpin seluruh pasukan yang akan ditaati komandonya. Kemana pasukan harus berarah tergantung dari mayoret ini. Kalau seorang mayoret tidak memiliki sifat kepemimpinan yang baik, maka para pasukan akan kocar-kacir tidak karuan. Pertunjukkan drumband akan menjadi kacau balau.

Dengan berbagai kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang mayoret, maka mayoret adalah orang pilihan. Kita tidak bisa mengangkat mayoret hanya manusia biasa-biasa saja, dia harus memiliki banyak kelebihan dibanding anggota yang lain. Mayoret akan menjadi pusat perhatian. Dia akan diperhatikan oleh seluruh penonton dan juga ioleh seluruh pasukannya.

Untuk kelompok pemain musik secara garis besar berupa musik tiup dan musik pukul. Kalau kita melihat nama drumband, tentu saja ini mengacu pada musik pukul, yang disebut dengan drum. Akan tetapi musik tiup adalah kelengkapan yang sejak dulu memang sudah menjadi hal yang wajib dalam sebuah drumband.

Musik pukul atau biasa juga disebut musik tabuh akan menghasilkan bunyi-bunyian yang menghentak.  Bunyi-bunyian yang dihasilkan oleh musik pukul ini merupakan musik yang dapat mengkompakkan gerakan dari pasukan drumband. Musik pukul ini akan menghasilkan bunyi yang menimbulkan susana semacam suasana prajurit yang mau berperang. Dengan demikian kita akan merasakan suasana seolah-olah seperti suasana perang. Atau seperti susananya para prajurit yang hendak berangkat ke medan pertempuran. Musik pukul ini akan menumbuhkan semangat ke dalam diri para anggota drumband. Musik hentakan yang dihasilkan oleh bunyi drum juga akan mengiringi hentakan kaki pasukan drumband yang sedang berjalan.

Musik tiup juga akan menambah susana menjadi semakin mantap. Susana “perang” benar-benar akan bisa dibangkitkan secara maksimal. Pasukan musik tiup juga akan menambah keindahan pasukan baris berbaris dari drumband menjadi semakin lengkap. Yang  juga penting dari pasukan musik tiup adalah, bahwa mereka menghadirkan musik-musik melodi yang bagus.

Secara keseluruhan pertunjukkan drumband akan sukses atau tidak sangat tergantung dari kekompakan. Kekompakan ini baik dari sesama jenis musik maupun antar berbagai jenis musik. Setiap jenis pasukan bisa saja menampilkan performa terbaik mereka, akan tetapi kalau mereka tidak kompak, maka pertunjukan akan  menjadi tidak menarik. Bahkan bisa saja antara satu kelompok pasukan dengan yang lain akan saling merusak suasana. Akan tetapi dengan kekompakan yang sempurna, maka satu pasukan dengan pasukan yang lain akan saling mendukung. Semuanya akan mendukung untuk terbentuknya sebuah susana yang ingin dibawakan dalam sebuah pertunjukan. Disinilah peran seorang komandan barisan atau mayoret menjadi sangat sentral. Ditangannyalah tongkat komando dipegang. Ditangannyalah pasukan dipegang. Kalau seorang mayoret dapat memimpin pasukannya dengan baik, maka pertujukan akan menjadi sangat menarik untuk ditonton.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s