Agar Aman Sebaiknya Air Hujan Diuji Sebelum Dimanfaatkan

Agar Aman Sebaiknya Air Hujan Diuji Sebelum DimanfaatkanPemanfaatan air hujan untuk keperluan sehari-hari tidak bisa sembarangan. Air hujan harus ditreatment dan juga diuji terlebih dahulu.
Karena air hujan banyak mengandung berbagai zat yang berbahaya akibat adanya berbagai polusi udara, maka pemanfaatan air ujan juga harus berhati-hati. Treatment air hujan perlu dilakukan. Treatment ini diantaranya adalah untuk menghilangkan bau, kadar racun serta menetralisir pH.
Memang untuk digunakan dalam jangka pendek air hujan tidak berbahaya, akan tetapi kalau kita menggunakannya dalam jangka panjang, maka kita perlu melakukan tretment tadi. Setelah air hujan di treatment, maka air hujan harus diuji. Pertama air hujan harus diuji apakah benar-benar sudah netral, dalam arti tidak bersifat asam lagi (dan tentu saja juga tidak bersifat basa). Uji kenetralan ini dapat dilakukan dengan pH indicator. Atau cara yang sederhana dengan kertas lakmus.
Uji racun dan bau memang sedikit lebih rumit, tetapi anda yang memiliki uang agak lebih dan memanfaatkan air hujan dalam jumlah besar dapat meminta bantuan laboratorium untuk menguji air hujan yang sudah mendapat perlakuan ini.
Setelah diuji dan memenuhi standar kualitas, maka air hujan dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari. Jika anda tidak mampu melakukan pengujian ini, maka sebaiknya air hujan memang tidak dimanfaatkan dalam jangka panjang. Tetapi kalau hanya untuk sekedar menyiram tanaman tentu hal ini tidak menjadi masalah.

=============================================

Iklan: kami jual rak bekas berkualitas

=============================================

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s