Mengenal Potensi Air Hujan

Mengenal Potensi Air Hujan
Air hujan yang selama ini tidak kita gunakan, sebenarnya bisa digunakan, terutama untuk kebutuhan non konsumsi. Air hujan dapat kita gunakan untuk mencuci baju, mencuci motor, menyiram bunga bersuci dan sebagainya. Penggunaan air hujan untuk keperluan minum dan masak memang masih perlu diteliti lebih lanjut factor keamanannya.
Sebenarnya kita bangsa Indonesia memiliki potensi air hujan yang cukup besar. Kalau di rata-rata potensinya adalah 200 mm per bulan. Ini artinya jika kita memiliki atap rumah seluas 100 meter persegi, maka dalam sebulan akan mampu menghasilkan air sebanyak 20 meter kubik. Jumlah ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mencuci dalam sebulan, bahkan sudah bisa kita gunakan juga untuk menyiram tanaman kita.
Memang selayaknya air hujan yang ada kita panen, dengan cara kita kumpulkan dan kita manfaatkan. Tetapi pemanfaatan air hujan di Indonesia memang masih minim. Sehingga air yang tidak dimanfaaatkan ini sering justru menyebabkan banjir, yang sulit diatasi.
Keengganan memanfaatkan air hujan ni adalah karena kita terbiasa hidup mudah dan gampang. Ketika kita memiliki uang, maka kita dapat dengan mudah membelia air dari PDAM maupun melakukan pengeboran secara ilegal. Karena terbiasa hidup mudah ini, maka untuk sedikit ribet saja mengumpulkan air hujan, biasanya kita tidak sempat dan akhirnya air hujan terbuang percuma, tanpa dimanfatkan.

===================================================

Iklan: Pingin rak bekas? Kunjungi web kami

===================================================

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s