Strategi Metro TV Memulai Menjual Berita

Strategi Metro TV Memulai Menjual Berita

Metro TV berjuang memperkenalkan berita kepada masyarakat sejak tahun 2000. Pada waktu itu peminat berita masih sangat sedikit. Kebanyakan orang tidak percaya bahwa tv berita akan ada yang menonton. Berita menjadi sangat menarik ditonton adalah saat terjadinya perang teluk. Pada saat itu mulai ada orang yang tertarik menonton berita. Namun setelah itu hingar bingar berita kembali surut. Berita saat itu hanya menjadi alat propaganda pemerintah untuk mempengaruhi opini masyarakat.

Kehadiran metro tv menjadi tv berita jelas akan menghadapi tantangan yang berat. Kesadaran masyarakat saat itu untuk menonton berita masih sangat rendah. Masalah berikutnya adalah meyakinkan kepada pihak pendana dalam hal ini pemasang iklan agar mau meyakini bahwa target konsumen mereka dapat di jangkau oleh tv berita seperti metro tv ini.

Kemudian tim pemasaran metro tv melakukan edukasi terhadap pemasang iklan. Tentu tidak mudah  meyakinkan orang bahwa tv berita akan ditonton orang waktu itu. Namun metro tv mengambil pangsa pasar konsumen mereka yang terdidik baik atau mereka yang memiliki pendidikan tinggi. Kelompok ini biasanya berasal dari kelas ekonomi atas dan mereka kurang suka menonton entertainmen yang disajikan oleh tv-tv pada umumnya. Ketika tv berita belum ada di Indonesia mereka umumnya lari ke siaran tv-tv luar negeri. Kelompok konsumen inilah yang hendak di sasar metro tv dan bisa menjadi target konsumen bagi para pengiklan. Dan ternyata akhirnya banyak pihak yang bisa mempercayai kampanye eduaksi ini. Bahkan saat ini tv berita tidak lagi kesulitan mencari penonton. Bahkan saat ini berita seolah-olah menjadi sisi lain kebutuhan masyarakat.

=======================================================

Iklan: pingin pesan seragam sekolah, Kunjungi web kami

=======================================================

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s